Cara Berbisnis Dengan Modal Kecil Namun Sukses – Banyak orang yang merasa, bahwa usaha merupakan hal yang buruk dan juga menakutkan karena dapat membawa mereka ke dalam kerugian ataupun hal-hal yang bersifat tantangan. Hal ini mungkin akan sulit dihadapi bagi mereka yang mudah putus asa dan juga tidak senang akan tantangan. Namun berbeda dengan anda yang memang memiliki ambisi cukup tinggi, dan juga ingin mengalami kesuksesan dari usaha yang telah anda lakukan.

Merintis bisnis bukanlah hal yang mudah. Banyak para pengusaha besar dan sukses membutuhkan waktu bertahun-tahun, agar mereka bisa memijakan kakinya dengan tenang, dan juga mendapatkan keuntungan berlimpah setelah mengalami kegagalan.

Berbicara soal bisnis sendiri, banyak orang yang membutuhkan tips atau trik cara berbisnis dengan modal kecil, namun sukses. Sering kali pemula mencari cara agar mereka tidak terjebak dalam hal yang merugikan, ataupun mencoba mengurangi resiko kegagalan, ketika memutuskan untuk mendirikan bisnis tersebut. Langsung saja kita simak, berikut ini beberapa tips dari pengusaha besar yang ada di indonesia. Bagaimana cara berbisnis dengan modal kecil namun sukses.

1. Cara berbisnis dengan modal kecil – Kuasai Bidang Bisnis

Hasil gambar untuk business plan

Hal pertama yang tidak boleh dilupakan, merupakan salah satu tips yang diberikan oleh Bob Sadino sebagai pengusaha besar yang ada di Indonesia. Ia menyatakan bahwa cara berbisnis dengan modal kecil, namun sukses yaitu dengan memutuskan, apakah bisnis tersebut merupakan bisnis yang anda kuasai atau tidak. Ketika ingin mencoba melakukan usaha, namun anda tidak mengerti bidang yang sedang digeluti. Maka hal tersebut sama saja berjalan di ruangan yang gelap dan tidak menggunakan penerangan.

Dengan melakukan hal ini, anda akan mendapatkan kegagalan dan juga kerugian yang sangat besar. Namun jika anda menguasai bisnis atau bidang yang digeluti. Setidaknya anda tahu apa saja faktor yang menyebabkan usaha menjadi gagal dan juga menjadi berhasil. Ketika bidang usaha itu dapat anda pahami, berarti anda tidak perlu repot melakukan riset dan mengurangi waktu untuk melakukan pengembangan serta perencanaan. Anda bisa langsung eksekusi bisnis tersebut.

Anda lebih tahu bidang tersebut harus dilakukan pengembangan atau tidak. Anda lebih tahu mengenai produk ataupun jasa yang memang digunakan untuk bisnis yang anda geluti. Maka hal tersebut akan menjadi lebih baik lagi.

2. Skala Prioritas

Hasil gambar untuk business plan

Selanjutnya cara berbisnis dengan modal kecil namun sukses, yang bisa anda lakukan yaitu dengan menggunakan skala prioritas ataupun hal penting yang harus anda selesaikan. Nasehat ini sebenarnya sangat erat kaitannya dengan perputaran arus kas atau keuangan yang dimiliki. Banyak sekali para pengusaha baru merasa rakus ataupun serakah. Karena mereka tidak menghargai proses dari usaha tersebut dan menginginkan kesuksesan yang langsung besar, setelah melakukan usaha yang dianggap baru atau merintis dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Hal tersebut harus anda kubur jauh-jauh. Karena bagaimanapun juga anda pasti membutuhkan proses yang cukup panjang, agar bisa mendapatkan kesuksesan. Perlu diingat bahwa sukses sendiri bukan berarti anda hanya mendapatkan keuntungan 5 kali lipat dalam waktu yang singkat. Tapi bagaimana mempertahankan bisnis menjadi lebih stabil dan juga terarah. Ketika anda tidak melakukan prioritas maka semua hal akan berantakan dan tidak terkontrol terutama dalam sisi keuangan.

3. Jangan Berhutang

Hasil gambar untuk business

Siapa dari anda yang tidak betah dengan bisnis modal kecil dan menginginkan membuka usaha dengan modal yang sangat besar ? Padahal sebenarnya anda tidak memiliki uang sebanyak itu agar bisa mengembangkan usaha yang dimiliki cara berbisnis menjadi besar, dengan modal kecil namun sukses. Selanjutnya yang harus anda pahami yaitu hindari menghutang ataupun mengambil uang tambahan dari bank.

Perlu diingat bahwa usaha kecil yang sukses dan juga bagus merupakan usaha yang dapat berkembang dari modal utama kemudian berkembang menjadi besar. Bob Sadino menyarankan bahwa anda mengajak teman atau saudara untuk berinvestasi. Namun jangan meminjam uang dari bank. Karena nantinya dana tersebut hanya habis untuk menutupi hutang hutang yang dimiliki. Mekanisme ini sama saja dengan memberikan mereka saham dari usaha yang anda lakukan. Tidak menutup kemungkinan apabila usaha anda ternyata mengalami kesuksesan dan juga peningkatan.

Maka lebih banyak orang akan berani investasi dengan dana yang lebih besar. Anda harus berpikir seperti pengusaha yang sudah sukses, dan jangan menjadi pengusaha kecil yang hanya berpikir bahwa meminjam uang adalah solusi satu-satunya. Ingat banyak usaha modal kecil yang juga bisa berkembang.

4. Cara berbisnis dengan modal kecil – Tekad dan Usaha

Hasil gambar untuk business

Tips atau cara berbisnis dengan modal kecil namun sukses selanjutnya yaitu usaha dan juga tekad yang jangan setengah-setengah. Perlu diingat bahwa banyak sekali pemahaman dari masyarakat indonesia yang mengatakan bahwa modal besar sama dengan usaha yang akan sukses. Padahal sebenarnya modal yang pas-pasan disertai dengan usaha yang sangat besar, dan tekad yang kuat bisa menjadi hasil usaha yang maksimal dan memuaskan.

Hal ini harus anda pahami karena dengan menggunakan modal kecil. Anda tidak akan bisa sukses atau mendapatkan keuntungan 5 kali lipat, hanya dalam waktu 1 bulan saja. Terutama apabila anda menjual jasa dimana kepercayaan dari konsumen dan juga testimoni menjadi kunci dari keberhasilan usaha anda. Untuk itu ada baiknya anda melakukan pengembangan disertai dengan melakukan proses atau perjalanan secara perlahan namun pasti. Sehingga usaha anda tetap bisa sukses dan juga maju di sisi lain usaha anda akan tetap stabil.

5. Sabar

Hasil gambar untuk business

Cara berbisnis tanpa modal selanjutnya yang bisa membawa anda ke dalam kesuksesan yaitu sabar. Apapun bisnisnya jika anda sabar dalam menjalaninya, maka anda bisa menciptakan bisnis dengan modal yang kecil namun untung yang cukup besar. Membangun bisnis layaknya membangun sebuah rumah, di mana anda yang ingin membuat pondasi terlebih dahulu agar kokoh lebih baik. Dibandingkan dengan membuat rumah tanpa pondasi.

Hasilnya memang lebih cepat, tetapi hal tersebut seperti bayang-bayang. Karena anda tidak pernah tahu kapan dan juga bagaimana usaha anda akan mengalami kebangkrutan atau dalam posisi kurang menguntungkan. Sama halnya dengan bisnis anda tidak boleh melihat orang lain yang berhasil atau mendapatkan kesuksesan dalam sekejap mata. Siapa tahu mereka juga melalui usaha yang sangat berat, disertai dengan perjalanan yang panjang ketika mereka mendapatkan kesuksesan tersebut.

6. Menggunakan Perantara Ketiga

Hasil gambar untuk business

Ref : toc

Terakhir cara berbisnis tanpa modal yang bisa anda ikuti dan banyak dilakukan oleh para pengusaha besar di indonesia, yaitu jangan menggunakan pihak ketiga ataupun perantara untuk melakukan promosi dan mengembangkan usaha anda. Apa maksudnya pihak ketiga ? Di mana mereka adalah seorang konsultan ataupun agency.

Jika anda berusaha untuk membangun sebuah bisnis dengan modal yang kecil, pasti usaha yang dilakukanpun masih sebatas usaha kecil-kecilan. Apabila anda memaksakan diri untuk menggunakan agensi ataupun konsultan. Biasanya anda akan dipaksa untuk mengembangkan usaha lebih besar lagi. Sehingga anda harus mencari modal tambahan dengan berbagai cara agar anda bisa mengikuti arahan dari konsultan tersebut.

Padahal mereka hanya menggunakan jasa secara maksimal, tanpa memikirkan dana atau modal yang anda miliki. Semurah-murahnya jasa mereka tentu lebih murah lagi apabila anda merancang strategi nya sendiri. Tidak ada salahnya jika anda ingin menggunakan konsultan, namun nanti ketika usaha tersebut sudah mulai sukses dan juga besar. Anda bisa menggunakan sumber daya manusia dengan keahlian yang sangat baik untuk membantu meningkatkan usaha atau mengembangkan usaha yang dimiliki jika sudah besar.